2020 SPP/IDOS Gratis!

    Mulai awal tahun 2020 biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi siswa SMA/SMK/SLB Negeri di Provinsi Jawa Tengah akan digratiskan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan kebijakan SPP gratis agar sekolah tidak bermain dengan anggaran yang menimbulkan tindak korupsi. Selain itu tujuan SPP Gratis untuk meningkatkan partisipasi siswa, mengurangi drop out, dan mengurangi kemiskinan di Jawa Tengah, jelas Ganjar Pranowo. Kebijakan ini tercantum di Surat Edaran (SE) No 420/2020 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah tentang Pembiayaan Penyelenggara Pendidikan. Surat Edaran tersebut sudah diedarkan ke sekolah.

    Sesuai surat edaran tersebut SMAN 2 Kebumen tidak lagi melakukan penarikan SPP kepada siswa. Orang tua murid sudah dibebaskan beban biaya SPP mulai 2020 ini. Mulai Januari sampai Juni 2020 Dana Operasional Sekolah (DOS) atau SPP sudah tidak boleh dibayarkan. Untuk meningkatkan kesejahteraan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) maka honor akan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi. 

   SPP yang telah dibayarkan mulai awal tahun 2020 akan dikembalikan. Bentuk pengembalian uang akan diserahkan kepada sekolah. Menurut Jumeri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, pihaknya menyerahkan sepenuhnya urusan pengembalian uang SPP kepada sekolah. Mengingat yang lebih paham dengan urusan administrasi SPP siswanya adalah sekolah yang bersangkutan.

   SMAN 2 Kebumen akan mengembalikan uang SPP yang telah dibayarkan. Hal tersebut dilakukan sesuai surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diterima. Sekolah akan mengembalikan uang yang telah dibayarkan mulai Januari sampai dengan Juni 2020.

    Pemerintah Provinsi telah menyiapkan anggaran SPP Gratis sebesar Rp860,4 miliar untuk SMA/SMK/SLB Negeri di Provinsi Jawa Tengah. Selain sekolah negeri, sekolah swasta juga mendapatkan bantuan Pemprov Jateng dengan memberikan subsidi berupa bantuan operasional sekolah daerah (Bosda) sebesar Rp123,85 miliar. Bosda untuk MA negeri dan swasta juga disiapkan sebesar Rp26,5 miliar.

kurniadisubekti

SMANDA ADMIN

Seni dalam kebaikan dan kebahagiaan
About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy