Dukung Program Adiwiyata Calon Peserta didik Baru Tanam Anggrek di Lingkungan SMANDA

TALENTA – SMAN 2 Kebumen dikenal sebagai sekolah adiwiyata menuju adiwiyata mandiri dengan ciri khas tanaman anggreknya. Untuk mendukung program tersebut, Calon Peserta Didik Baru (CPD) tahun ajaran 2023/2024 dianjurkan untuk membawa tanaman anggrek untuk ditanam di seluruh lingkungan sekolah pada saat MPLS hari kedua, 18 Juli 2023. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk menumbuhkan pendidikan karakter kepedulian lingkungan.

”Kegiatan tersebut untuk mendidik karakter peduli lingkungan yang peduli dengan keindahan tempat dimana dia menuntut ilmu. Menumbuhkan karakter peduli lingkungan itu sulit. Untuk Itu, kita mulai dari SMA ini karena akan membawa ke kehidupan generasi selanjutnya jika pendidikan karakter itu berhasil. Sifat kepedulian lingkungan ini kompleks tetapi yang mau saya tanamkan itu ada tiga. Memelihara, merawat, serta rasa memiliki dan tidak merusak. Kebersihan dan keindahan susah untuk dijaga tetapi tetap pelu kita ajarkan,” ucap Nowo Wibowo H., salah satu guru di SMAN 2 Kebumen.

Selain itu, kegiatan ini digunakan sebagai program yang berlanjut yang nantinya dapat digunakan sebagai lembar penilaian pada P5 tema kepedulian lingkungan. Maka seluruh peserta diwajibkan unuk mengamati anggrek yang telah mereka tanam setiap minggunya. Hal tersebut digencarkan untuk menjaga agar tanaman anggrek tetap terawat.

“Di dalam P5 dengan tema kepedulian lingkungan salah satunya adalah jejak karbon maka nantinya anggrek ini dapat digunakan sebagai lembar kegiatan P5 tersebut sebagai motivasi, dorongan, semangat untuk peduli lingkungan. Harapannya kegiatan ini tidak selesai disini. Karena di dalam pendidikan menumbuhkan karakter yang nantinya akan diturunkan ke generasi selanjutnya. Seperti halnya di dalam lirik mars adiwiyata disitulah letak faktanya,” tambahnya.

Jurnalistik

Jurnalistik SMANDA

About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy