Gaspala Smanda Kembali Telusuri Gua Petruk Setelah Terhenti Selama Dua Tahun

Setelah terhenti selama dua tahun karena pandemi, kegiatan telusur gua atau biasa disebut caving kembali dilaksanakan oleh Gabungan Siswa Pecinta Alam (Gaspala) SMA N 2 Kebumen.

Kegiatan caving berlangsung pada Sabtu, 10 September 2022 dengan mengunjungi Gua Petruk, gua yang cukup familiar bagi para pelaku kegiatan alam khususnya di Kabupaten Kebumen.

Ketua umum Gaspala, Mijile Pinten, mengatakan bahwa kegiatan ini yang pertama dalam program kerja kepengurusannya. Menurutnya, salah satu divisi yang ada di Gaspala yaitu divisi caving menjadi alasan mengapa kegiatan ini diadakan.

"Untuk mengenalkan kepada anggota Gaspala bahwa Kebumen memiliki salah satu situs geologi di dalam kawasan Geopark Karangsambung Karangbolong. Selain itu juga bentuk pengaplikasian divisi caving," kata Pinten.

Dimulai sejak pukul 7.00 wib, peserta berkumpul di SMA N 2 Kebumen untuk selanjutnya berangkat bersama menggunakan minibus menuju lokasi yang berada di Dusun Mandayana, Desa Candirenggoa, Kecamatan Ayah. 

Adapun peserta kegiatan berjumlah 64 orang yang terdiri calon anggota muda atau siswa-siswi kelas 10, pengurus, tamu undangan, alumni, dan pembina. 

Mulai masuk ke dalam gua pada pukul 10.00 wib, selanjutnya peserta yang terbagi menjadi beberapa kelompok berjalan beriringan dengan tiap kelompok didampingi oleh panitia kegiatan.

Di dalam gua, peserta dibuat takjub dengan batuan yang ada. Mulai dari stalaktit, stalakmit, flowstone, gourdam, gordyn, dan lainnya. Sementara untuk hewan yang dijumpai di dalam gua, terdapat jangkrik gua, ikan, dan kalacemeti.

Dengan kegiatan ini, secara tidak langsung Gaspala SMA N 2 Kebumen juga turut serta dalam mendukung agar Geopark Karangsambung Karangbolong masuk dalam UNESCO Global Geopark. Seperti kita ketahui, bahwa Geopark Karangsambung Karangbolong lolos dalam seleksi calon kandidat UNESCO Global Geopark (UGPp). 

gaspala

GASPALA SMANDA

Lihatlah jauh ke alam dan kamu akan mengerti segalanya.
About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy