Hari Pertama MPLS 4 Peserta didik Terima Beasiswa

  • admin
  • 494
  • 14:07
  • Sen, 22 Jul 2024 (diedit)

KEBUMEN (KebumenUpdate.com) – Program beasiswa dari forum Silaturahmi Alumni Gaspala (Sigma) SMAN 2 Kebumen kembali digulirkan. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini untuk tahun ajaran 2024/2025 jumlah penerima manfaat beasiswa Sigma diberikan untuk empat peserta didik.

Kepala SMAN 2 Kebumen Sutrisno SPd menyerahkan langsung kepada masing-masing penerima beasiswa Sigma saat upacara yang bersamaan dengan hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2024/2025.

“Kami atas nama keluarga besar SMAN 2 Kebumen mengucapkan terimakasih atas program beasiswa Sigma yang diberikan. Ini merupakan wujud tali silaturahmi antara alumni dengan almamater. Semoga silaturahmi bisa terus terjalin dan program ini bisa terus berlanjut,” kata Sutrisno SPd.

Ia juga menyampaikan selamat bergabung di SMAN 2 Kebumen untuk peserta didik kelas X. Dalam sambutanya, ada beberapa hal yang perlu ditaati bersama oleh seluruh keluarga besar SMAN 2 Kebumen.

“Untuk kls XI dan XII juga selamat naik kelas. Untuk kelas X, laksanakan kegiatan MPLS dengan riang gembira, tidak ada bullying atau perundungan, serta tidak ada atribut yang aneh-aneh. Kls XI dan XII tentunya sudah rindu dengan suasana sekolah, tolong jaga motivasi untuk belajar,” lanjut Sutrisno.

Kuota Penerima Beasiswa

Adapun dua kuota penerima beasiswa Sigma diberikan untuk dua anggota ekstrakurikuler Gaspala (Gabungan Siswa Pecinta Alam). Sementara dua kuota lainnya untuk umum (non Gaspala). Jumlah ini berbeda dibanding tahun sebelumnya yang hanya dua penerima.

Penambahan kuota penerima beasiswa Sigma tidak lain sebagai bentuk kepedulian alumni Gaspala kepada almamater yaitu SMAN 2 Kebumen. Program beasiswa juga pernah diberikan oleh forum Sigma pada tahun ajaran 2011–2013 yang mana waktu itu berupa SPP gratis selama 1 tahun.

“Total keseluruhan beasiswa yang diberikan tahun ini Rp 20.000.000 untuk empat penerima atau Rp5.000.000 tiap anak. Rincian realisasinya di awal tahun ajaran (Juli 2024) diberikan Rp1.150.000 tiap anak dengan asumsi untuk ATK, seragam, sepatu, transportasi, uang saku, dan kuota internet,” kata Muchamad Iqbal, bendahara program beasiswa Sigma melalui pesan WhatsApp.

Untuk 11 bulan berikutnya (Agustus 2024–Juni 2025) akan diberikan flat sebesar Rp350.000 selama 11 bulan, atau sama dengan Rp3.850.000. Sehingga total selama setahun Rp1.150.000 ditambah Rp3.850.000 sama dengan Rp5.000.000 per anak.

“Mekanisme penyerahan beasiswa melalui transfer ke rekening orang tua atau wali. Jika tidak memiliki rekening, diserahkan tunai melalui pembina ekstrakurikuler. Semoga bermanfaat dan menjadi penambah semangat belajar teman-teman sekalian,” tambah Muchamad Iqbal.

Seleksi dilakukan oleh forum donatur beasiswa Sigma berdasarkan beberapa parameter. Di antaranya keaktifan di ekstrakurikuler Gaspala selama satu tahun, nilai rapor, serta beberapa pertimbangan lain. Mengenai sumber dana, Iqbal menjelaskan bahwa program beasiswa Sigma murni dari para donatur yang merupakan alumni Gaspala SMA Negeri 2 Kebumen.

SMAN 2 Kebumen dengan visinya yakni mewujudkan sekolah yang berakhlak mulia, berprestasi, dan berwawasan global memiliki beberapa jenis ekstrakurikuler di antaranya Gaspala, Kader Kesehatan Remaja (KKR), petanque, kempo, Rohis, Pasusda, Pramuka, gulat, handball, basket, futsal pi, badminton, silat, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), duta literasi, jurnalistik, Smanda Enterpreneur Club (SEC), PMR, Dance Crew Smanda (DCS), Smanda IT Club (Smitc), English Mastery Club (EMC), dan Smanda Music Studio (SMS).

source : https://www.kebumenupdate.com/

admin

SMANDA ADMIN

About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy