Mengenal GASPALA Gabungan Siswa Pecinta Alam SMANDA

  • gaspala
  • 2073
  • 13:07
  • Min, 12 Jul 2020 (diedit)

28 September 1991 GASPALA (Gabungan Siswa Pecinta Alam) didirikan di SMA N 2 Kebumen, oleh siswa yang bernama Suprifesi "Gopex" dibantu beberapa temannya ( M.Husnur  Rofik, Fauzan, Agus Budiono, Erwin Yuli Drajat, Subaedi, Priartono, Herianto ). Awal mula berdirinya periode tahun 1990, Gaspala masih bernama NEKAD ( Naik Gunung Enak Kalau Ada Dana). Namun karena terkesan kurang serius, maka diganti menjadi Gaspala. 

Gaspala sebagai wadah bagi siswa SMA N 2 Kebumen yang memiliki minat khusus untuk belajar tentang alam bebas (outdoor). Gaspala juga sebagai ekstra tertua di SMA Negeri 2 Kebumen.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan kami terbagi menjadi beberapa divisi;

  1. Mountaineering

Mountaineering (gunung hutan) yaitu mempelajari tentang navigasi darat (menentukan arah perjalanan, posisi, menggunakan kompas, peta), membaca tanda alam survival dll. Di dalam kegiatan mountaineering kita juga diajarkan bagaimana cara packing dengan benar.

  1. Caving.

Caving (penelusuran goa)

Ada  banyak goa  di Kebumen. Salah satunya yaitu Goa Petruk yang sudah kami telusuri pada tahun 2019. Dari kegiatan penelusuran goa, kita bisa belajar tentang ornamen-ornamen yang ada di dalam goa. Teknik dalam menelusuri goa, etika masuk ke dalam goa, zona di dalam goa, biota dll.

  1. Climbing.

Climbing adalah kegiatan panjat dinding atau tebing yang biasanya dilakukan di wall climbing SMA Negeri 2 Kebumen. Kegiatan ini juga diajarkan cara memasang tali jiwa. Climbing pernah menjuarai lomba di salah satu sekolah di Kebumen.

 

Selain 3 divisi itu, Gaspala juga melakukan kegiatan lainnya seperti tracking pantai, bersih pantai, rappelling, dan camping.

 

Tracking pantai (selusur pantai), biasanya dilakukan di barisan pantai selatan yang ada di Kebumen. Penyusuran ini tidak hanya menapaki pasir, tetapi juga mendaki perbukitan karang yang terhampar di sekitar pantai. Dari atas bukit kita bisa melihat keindahan laut. Terbayar sudah rasa lelah dengan pemandangan yang sangat indah.

 

 

Bersih pantai. 

Kita tahu permasalahan sampah sampai saat ini belum selesai. Maka dari itu, mulailah dari diri kita sendiri untuk peduli, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan plastik/barang yang berpotensi menjadi sampah plastik. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan diapresiasi oleh berbagai pihak karena bernilai positif. Selain bersih-bersih pantai, biasanya diadakan penanaman pohon bakau yang ditanam di pesisir pantai. Kita juga bisa bertemu dengan organisasi-organisasi lainnya disana.

Tahun 2010 kita pernah mengadakan reboisasi mangrove di Laguna sungai Wawar desa Lembupurwo-desa Wiromartan, Mirit, Kebumen. Dari yang semula laguna tersebut nampak gersang, hanya terlihat air dan pasir, kini menjelma menjadi zona hijau dengan tumbuhnya mangrove. Juga sebagai tempat hinggap burung burung. Selain itu, ekosistem di laguna nya bertambah dengan munculnya ikan, udang dan hewan lain.

 

Rappelling (turun tebing), kegiatan ini sangat menantang, karena melakukan aksi turun dari ketinggian/atas tebing. Jangan khawatir, kegiatan ini aman karena sudah disiapkan alat-alatnya dan ada belayer sebagai penjaga agar tidak jatuh.

 

 

Camping, kegiatan ini cukup santai dan bisa dibilang refreshing. Camping bisa dilakukan di bukit atau dekat area pantai atau yang menurut kalian menarik. Kita bisa melihat sunrise dan sunset disertai pemandangan yang indah. Biasanya ketika camping juga disertai bakar jagung atau sosis.

Prestasi yang pernah diukir Gaspala diantaranya;

1. Juara 3 Lomba Lintas Alam rektor Unsiq Wonosobo thn 2017 kategori pelajar putri.

2. Juara 2 Lomba Lintas Alam rektor Unsiq Wonosobo thn 2016 kategori pelajar putri.

3. Juara 1 Lomba Lintas Alam rektor Unsiq Wonosobo thn 2016 kategori pelajar putra.

4. Juara 1 LLA Fosil Palingga Patrawisa th 2015 di Purbalingga.

5. Juara 2 Lomba Orientering UGM thn 2014 kategori pelajar putra.

6. Juara 3 Mapagama Rally Silvagama Fak kehutanan UGM thn 2007.

7.  Juara 1 Lomba jelajah desa di SMA N 1 Kutowinangun thn 2007.

8. Juara umum LLA Mapasuri Purworejo thn 2005.

9. Juara 3 Gapeta Wallclimbing competition 2005 kategori pelajar putra.

10. Juara 1 Iksapala wallclimbing competition di SMA N 1 Kebumen th 2005 kategori pelajar putra.

11. Juara 2 dan 3 Iksapala wallclimbing competition di SMA N 1 Kebumen thn 2005 kategori pelajar putri

12. Juara 3 LLA Jawa Bali thn 2002 di SMA N 1 Yogyakarta.

13. Juara 2 Kebut Gunung Sumbing thn 2002.

14. Juara 2 LLA dan Konservasi Selakembar Beji Purwokerto thn 2001 pelajar putri.

15. Juara 2 Napak Tilas Kolonel Bahrun di Purwokerto th 1994.

16. Juara 2 Lomba lintas medan Poltek Undip thn 1994

17. Juara Umum Napak Tilas Pangeran Diponegoro di Ambal, Kebumen thn 1994.

gaspala

GASPALA SMANDA

Lihatlah jauh ke alam dan kamu akan mengerti segalanya.
About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy