Meriahkan Hari Pendidikan Nasional SMANDA Adakan MAMAFEST

Menyambut hari pendidikan nasional SMAN 2 Kebumen memiliki perayaan spesial. Acara ini sudah terhenti karena pandemi Covid-19 akhirnya bisa kembali diadakan tahun ini. MAMAFEST yaitu singkatan dari Mancing Masak Festival menjadi pilihan SMAN 2 Kebumen bersuka cita. Bertempat langsung di area kolam dan lapangan utama SMAN 2 Kebumen. Kamis, (2/5/2024).

Acara diawali dengan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh siswa dan dipimpin oleh Sutrisno, S.Pd., selaku kepala sekolah SMAN 2 Kebumen. Kemudian dilaksanakan lomba mancing antar kelas di area kolam SMANDA yang nantinya dilanjutkan lomba masak. MAMAFEST sendiri tidak hanya acara lomba mancing dan memasak. Disini juga sebagai acara untuk bersilaturahmi dengan keluarga SMAN 2 Kebumen. Purna guru dan karyawan terlihat hadir dan mengikuti acara. "TEMU KANGEN" menjadi istilah yang digunakan oleh bapak/ibu guru. Pihak yang berkaitan dengan SMAN 2 Kebumen yang mendukung pengelolaan kolam yaitu LHKP (Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan) turut hadir menyukseskan acara.

Acara ini sebagai bentuk edukasi SMAN 2 Kebumen dalam kepedulian lingkungan mencakup seperti perawatan kolam, penghijauan lingkungan sekolah, pengelolaan bibit ikan hingga pemanfaatannya. Pemeliharaan kolam sudah terlaksana sepanjang tahun serta pemeliharaan bibit ikan berjalan selama musim hujan menyambut musim panas yang kini menjadi puncak acara. Para warga SMAN 2 Kebumen mengikuti dengan penuh antusias. Acara ini sekaligus bentuk terlaksananya program makan sehat dengan mengonsumsi ikan secara bersama-sama.

"Ini adalah kebersamaan. Dimana ikan-ikan yang sudah layak konsumsi dipancing dan yang tidak layak komsumsi akan dikembalikan. Ikan yang layak konsumsi ini akan dimanfaatkan makan bersama-sama sekaligus sebagai peningkatan gizi warga sekolah, " ungkap Tri Ngudi Prasetyo selaku waka kesiswaan.

Pentas seni juga digelar semakin menambah keseruan acara. Penampilan dari guru hingga para siswa yang sangat menghibur. Siswa SMAN 2 Kebumen terlihat sangat menikmati acara dan merasa acara ini memiliki edukasi untuk para siswa agar makan ikan dan melatih kekompakan kelas dengan diadakan lomba mancing dan masak ini. Seperti yang disampaikan oleh salah satu siswa SMAN 2 Kebumen.

"Acaranya seru trus juga acara ini tu ada edukasinya dimana kita itu dilatih buat makan ikan dan di sini juga ada melatih kekompakan antar kelas," ujar Nisa dan Kurnia salah satu siswa kelas 10 SMAN 2 Kebumen. 

Tri Ngudi Prasetyo selaku waka kesiswaan SMAN 2 Kebumen menyampaikan pesannya untuk seluruh warga sekolah bahwa acara ini bukan hanya seremoniam biasa tapi sebagai bentuk edukasi yang harus bisa dilestarikan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 

"Pesan kami untuk seluruh warga kegiatan ini bukan hanya seremonial semata atau sebagai kegiatan yan tidqk bermanfaat tetapi betul-betul adalah edukasi untuk semua, pembelajaraan kegiatan di lapangan untuk terus dilestarikan. Seluruh warga untuk bisa merawat, memanfaatkan dan setelah ini bisa kembali bersemangat untuk pembelajaran," ujarnya

Jurnalistik

Jurnalistik SMANDA

About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy