Pelatihan Jurnalistik dan Videografi Tingkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pengelolaan Media Sosial

TALENTA- Sehubungan dengan direalisasikannya program kerja OSIS Seksi Bidang Pembinaan Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan, dan Toleransi Sosial Dalam Konteks Masyarakat Plural (Sekbid V), SMAN 2 Kebumen mengadakan pelatihan jurnalistik dan videografi bagi seluruh anggota OSIS, Jurnalistik, Duta Literasi, dan SMITC pada hari Selasa, 20 Juni 2023 di ruang Multimedia.

Peran jurnalistik dalam lingkup pembuatan berita, fotografi, videografi, dan editing sangat diperlukan untuk mendukung publikasi berbagai kegiatan di sekolah. Dengan mengusung topik kreativitas pada era generasi milenial, peserta diajarkan bagaimana cara membuat berita yang baik dan benar sesuai UU ITE yang berlaku dengan menghadirkan wartawan senior dari koranbernas.id, Nanang.

“Intinya, agar berita yang dibuat tidak terjerat UU ITE, kita harus memperhatikan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. Jika berita mengandung Hoaks hingga pencemaran nama baik, pembuat berita bisa terjerat hukuman penjara sesuai Undang-undang yang berlaku,’’ ujar Nanang saat menyampaikan materinya mengenai pembuatan berita.

Selain itu, peserta juga belajar tentang proses publikasi mulai dari pemotretan, pengambilan video, editing, hingga penataan postingan  yang menarik di media sosial. Feri Suminar, selaku pemateri, menjelaskan secara gamblang bagaimana cara membuat video konten yang mengundang banyak penonton hingga cara untuk memanfaatkan teknologi yang ada dalam proses editing.

“Ada berbagai faktor yang membuat konten itu menarik, mulai dari segi angle dan penataan objek harus diperhatikan. Pilihlah backsound dengan lagu yang sedang populer saat itu, walau ga nyambung sama isinya ga masalah. Kalian juga bisa memanfaatkan teknologi AI dalam proses editingnya,’’ ungkap Feri Suminar.

Kegiatan ini disambut antusias oleh peserta. Melalui kegiatan tersebut, seluruh peserta dapat sharing pengalamannya dalam bidang jurnalistik serta menangkap ilmu baru untuk mengembangkan skillnya.

Jurnalistik

Jurnalistik SMANDA

About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy