Penegak Cakra Adi Kusuma Ikuti Kegiatan BANTARA GAYANA 2023

TALENTA – Pramuka pangkalan SMAN 2 Kebumen, Cakra Adi Kusuma menggelar kegiatan Bantara sebagai bentuk kegiatan wajib bagi seluruh pramuka penegak SMAN 2 Kebumen 2023. Kegiatan berlangsung di area Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI AD Bocor, Buluspesantren, Kebumen pada hari Jum’at-minggu, 12-14 Mei 2023. 

Bantara tahun ini mengangkat tema GAYANA (Gana Aditya Cakrabuana) yang artinya pasukan atau sekumpulan orang yang cerdas dan bijak dalam bertingkah laku yang berbakti pada nusa dan bangsa dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas Pramuka SMA Negeri 2 Kebumen dengan menumbuhkan sikap yang aktif, sigap, cepat tanggap dan produktif serta senantiasa berperilaku sesuai dengan nilai Dasa Dharma dan Pancasila.

Tidak hanya diikuti oleh anggota pramuka penegak dan dewan Cakra Adi Kusuma, perwakilan dari ekstrakulikuler seperti PMR, KKR, PASUSDA, GASPALA, TALENTA, dan OSIS juga turut membantu menyukseskan acara tersebut. Pembina serta beberapa dewan purna CAK pun terlihat datang mendampingi acara.

Dalam upacara pembukaan yang dilaksanakan pada hari jum'at, 12 Mei 2023, pembina upacara Basir S.Pd.,M.Pd menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan Bantara tersebut merupakan salah satu kewajiban bagi pramuka golongan penegak. Beliau berharap seluruh peserta dapat mngambil nilai-nilai penting dalam kegiatan tersebut.

"Bukan sekedar kegiatan rutin tahunan, perkemahan bantara ini merupakan kegiatan wajib bagi pramuka penegak untuk membentuk sikap yang lebih baik. Penting bagi kita untuk dapat mengambil nilai-nilai dalam kegiatan ini," ujarnya. 

Acara dilanjutkan dengan welcome party dari calon dewan ambalan (CDA). Keseruan berlanjut dengan berbagai permainan dan perlombaan seperti lomba cerdas cermat pramuka (LCTP), lomba memasak, dan festival budaya. Tidak hanya itu, wide game dan giat malam pun dilakukan dengan misi mencari badge. 

Malam puncak api unggun dilaksanakan pada hari sabtu, 13 Mei 2023 dilanjutkan dengan pentas seni dari masing-masing sangga dengan menampilkan budaya dari sabang sampai merauke.

Menurut salah satu dewan pramuka, Yusuf Habibi Saputra, Bantara tahun ini merupakan kegiatan di luar lingkungan sekolah pertama kali setelah pandemi dengan harapan seluruh peserta menjadi pribadi yang lebih baik dan mandiri berlandaskan Tri satya dan dasa Dharma.

"kegiatan bantara ini merupakan kegiatan Pramuka di luar lingkungan SMA NEGERI 2 Kebumen yang pertama kalinya diselenggarakan setelah tertunda beberapa kali karena adanya pandemi COVID-19. Dengan mengusung tema “GAYANA” (Gana Aditya Cakrabuana) yang memiliki arti pasukan yang cerdas dan bijak dalam bertingkah laku yang berbakti kepada Nusa dan Bangsa, kami berharap seluruh anak didik anggota Pramuka Ambalan Cakra Adhi Kusuma dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan mandiri berlandaskan Tri satya dan dasa Dharma," ucap Yusuf selaku humas kegiatan tersebut.

Jurnalistik

Jurnalistik SMANDA

About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy