Penegak Pramuka CAK Sukses Adakan Kegiatan Bantara 2024

Siswa SMAN 2 Kebumen kembali menunjukkan komitmennya dalam membentuk karakter siswa melalui kegiatan Pramuka. Pada tanggal 31 Mei-2Juni 2024, bertempat di Dislitbang TNI AD, Buluspesantren, penegak CAK 2024 resmi dilantik menjadi Bantara. Sebelumnya mereka telah memenuhi syarat dengan mengisi SKU dan mengikuti perkemahan Bantara.

Adapun Tema Bantara kali ini adalah Anandita Satya Adibrata yang memiliki arti membentuk pemuda pemudi yang setia dan berperilaku unggul. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan kepramukaan serta menanamkan nilai- nilai kemandirian, kepemimpinan, dan kerja sama.

Tidak hanya diikuti oleh anggota pramuka penegak dan dewan Cakra Adhi Kusuma, perwakilan organisasi dari MPK dan OSIS beserta ekstrakulikuler seperti PASUSDA, GASPALA, PMR, KKR, SMS dan Talenta juga turut membantu menyukseskan acara tersebut. Pembina serta beberapa dewan purna CAK pun terlihat datang mendampingi acara. Pangkalan lain,  SMKN 1 Kebumen juga turut menghadiri kegiatan kali ini. 

Dalam upacara pembukaan yang dilaksanakan hari Jum'at, (31/5/2024) pembina upacara Sutrisno, S.Pd. menyampaikan bahwa kita harus selalu mengimplementasikan nilai-nilai Dasa Dharma dalam kegiatan tersebut.

"Kegiatan seperti ini sangat penting untuk membentuk karakter dan mental yang kuat. Saya berharap kalian dapat menerapkan nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka," ucap Sutrisno, S.Pd.

Lomba membuat jamu menjadi sorotan di hari pertama. Antusias para siswa terlihat jelas dari semangat dan kerja keras yang mereka tunjukkan selama perlombaan. Saat malam hari, suasana semakin meriah dengan digelarnya  Scout Expo Night  Putri. Setiap kelompok menampilkan bakat mereka dalam berbagai bentuk seni. Penampilan dari SMS turut memeriahkan acara tersebut.

Scout Expo Night menjadi salah satu tempat menuangkan ide kreativitas para siswa dan meningkatkan semangat malam itu menurut salah satu peserta Bantara.

"Teman-teman memiliki kreativitas yang sangat tinggi saat melakukan pensi dan membuat kita membangkitkan semangat Bantara," ujar Vina kelas X.H dengan antusias.

Acara pada hari Sabtu, (1/6/2024) dilanjutkan dengan berbagai kegiatan seperti Adventure Target, lomba LCTP, materi dari Saka Kalparatu dan Cleaning Time. Keseruan lainnya ialah pada malam puncak api unggun yang kemudian dilanjutkan Party Night dari CDA sebelum memasuki Scout Expo Night Putra. Suasana malam yang sejuk dan langit yang cerah menambah semarak acara tersebut.

Kegiatan bantara tahun ini pun terlaksana upacara pelantikan yang berlangsung khidmat. Semua peserta yang berhasil mengikuti rangkaian kegiatan ini mendapatkan TKU Bantara sebagai simbol pengakuan atas prestasi dan dedikasi mereka dalam kegiatan Pramuka.

Dalam upacara pelantikan tersebut, pembina upacara Vredy Nur Rochmat menyampaikan bahwa kita yang sudah dilantik menjadi Bantara itu artinya sudah menjadi manusia dewasa. Pemikiran, tingkah laku, perbuatan serta ucapan harus sesuai dengan penegak. Beliau juga mengatakan bahwa ini bukan akhir dari segalanya, sehingga kita harus baktikan Tri Satya dan Dasa Dharma.

"Kalian sudah menjadi manusia dewasa yang artinya pemikiran, tingkah laku, perbuatan, ucapan harus sesuai dengan penegak. Ini bukan akhir dari segalanya. Mari kita baktikan Tri Satya dan Dasa Dharma" ucap Vredy dalam amanatnya.

Sebelum upacara penutup, kegiatan di pagi pada Minggu, (2/6/2024) diisi dengan Fun Game yang terdiri dari estafet bola, engklek, dan estafet kelereng bersama-sama. Tak lupa juga siswa membersihkan area perkemahan agar kebersihan tetap terjaga. Upacara penutupan terlaksana dengan tenang, selesai upacara penutupan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan sayonara. 

Ketua Pelaksana, Hafidz Maulana Yusuf menyampaikan harapannya setelah diadakannya kegiatan perkemahan Bantara ini, yaitu siswa dapat mengembangkan diri serta siap dalam berbagai tantangan di masa depan.

"Dengan berakhirnya kegiatan Bantara, diharapkan siswa dapat terus mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik, serta siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan," ujar Hafidz Maulana Yusuf selaku Ketua Pelaksana. 

Salah satu peserta bantara  juga menyampaikan kesan dan pesan kegiatan Bantara ini. Menurutnya perkemahan Bantara ini berlangsung sangat seru dan menyenangkan.

"Menyenangkan karena bisa belajar dengan hal baru dan pastinya seru karena melatih kekompakan bersama, terutama sangga saya. Untuk Bantara kedepannya bisa lebih seru,"  ujar Alfito kelas X.I

Jurnalistik

Jurnalistik SMANDA

About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy