Penghijauan Kaliratu Dalam Agenda SAVOURY GASPALA

Talenta-Sebagai bentuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan di daerah pesisir. Gabungan Pencinta Alam Smanda (GASPALA) adakan SAVORY (Selamatkan Pernafasan Kita dengan Tanaman Rhizopora ), yaitu penanaman ratusan bakau. Pada Sabtu, (09/12/2023) di pantai Kaliratu, Kec. Klirong, Kab. Kebumen

Kegiatan ini diikuti dengan penuh antusias oleh 47 anggota muda dan tetap GASPALA. Tidak hanya itu sejumlah 29 tamu undangan yang merupakan perwakilan OSIS dan seluruh ekstrakulikuler SMAN 2 Kebumen turut hadir. Hari Satria Wibowo selaku pembina GASPALA, Pengelola Konservasi Penyu Kaliratu, dan Penyuluh kehutanan dari Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Vll terlihat mendampingi hingga akhir kegiatan.

Kegiatan diawali dengan pengarahan cara penanaman bakau dari Pengelola Konservasi Penyu Kaliratu, Edi Setia Tamtama. Seluruh peserta tanpa bekerja sama menanam bakau dengan penuh semangat.

Ketua pelaksana, Naura Khansa Fadhilaah menyampaikan harapannya untuk kegiatan ini dapat membantu pelestarian hutan mangrove.

"Harapannya lewat kegiatan ini bakau yang sudah ditanam dapat tumbuh dengan baik dan bisa membantu pelestarian hutan mangrove di Kaliratu, Desa Jogosima ini."

Selanjutnya penyuluh kehutanan dari Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Vll Choirudin S.Hut, menjelaskan kepada peserta mengenai hutan pantai dan hutan mangrove. Hutan mangrove adalah vegetasi yang tumbuh mempengaruhi pasang surut air laut.

"Hutan mangrove adalah vegetasi yang terkena pengaruh pasang surut air laut. Magrove memiliki banyak macam, seperti yang kita tanam tadi termasuk bakau ( Rhizopora ), ada lagi Soneratia , buahnya seperti manggis berwarna hijau." Ujar Choirudin S.Hut.

Tidak hanya itu Choirudin S.Hut. menyampaikan terima kasih kepada peserta yang telah melakukan penghijauan di Kaliratu Desa Jogosimo. Harapannya kegiatan ini menjadi pionir sekolah lain.

“Terimakasih kepada GASPALA dan seluruh peserta SMAN 2 Kebumen yang telah berpartisipasi menghijaukan Kaliratu, Desa Jososimo. Semoga apa yang dilakukan bermanfaat dan menjad pionir bagi sekolah lain.” Tambahnya.

Jurnalistik

Jurnalistik SMANDA

About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy