Silaturahmi Alumni Gaspala SMA N 2 Kebumen

  • gaspala
  • 514
  • 23:05
  • Min, 08 Mei 2022 (diedit)

Alumni dari Gabungan Siswa Pecinta Alam (Gaspala) SMA N 2 Kebumen yang terhimpun dalam wadah bernama SIGMA (Silaturahmi Alumni Gaspala SMA N 2 Kebumen) mengadakan halal bihalal atau silaturahmi pada Rabu 4 Mei 2022.

Acara berlangsung sejak pukul 14.00 - 17.00 WIB yang dilaksanakan di lobi barat SMA N 2 Kebumen. Adapun peserta pada acara ini sejumlah 41 alumni dari berbagai angkatan, panitia atau pengurus Gaspala sejumlah 13 pengurus, serta anggota muda atau yang masih kelas X sejumlah 8 anggota.

Silaturahmi Gaspala merupakan momentum bertemu secara langsung dengan sesama alumni, juga ke anggota Gaspala yang masih bersekolah. Acara seperti ini telah berlangsung sejak medio 1990-an atau ketika alumni dari Gaspala mulai banyak yang merantau atau meninggalkan Kota Kebumen.

Di saat hari raya Idulfitri, mereka yang sedang mudik ke Kebumen menyempatkan diri untuk berkunjung ke sekolah khususnya dengan anak-anak Gaspala. Maka sejak saat itu, silaturahmi rutin diadakan pada hari ke-3 lebaran atau bertepatan dengan 3 Syawal.

Dalam sambutannya, Andreay Yonathan salah satu alumni Gaspala dari angkatan 7 (1998/1999) menyampaikan apresiasinya kepada panitia atau pengurus yang telah menggelar acara ini. Mengingat acara rutin seperti ini sempat terhenti selama 2 tahun karena pandemi.

"Acara silaturahmi sudah menjadi agenda rutin sejak zaman dulu. Diambil hari ketiga lebaran karena untuk memudahkan semua alumni bahwa setiap 3 Syawal merupakan acara silaturahmi Gaspala," kata Andreay Yonathan.

Menurutnya, dari beberapa ekstrakurikuler yang ada di SMA N 2, hanya Gaspala yang memiliki alumni tertua hingga alumni termuda yang masih memiliki semacam ikatan, perhatian, serta sumbangsih kepada adik-adiknya yang masih bersekolah di SMA N 2 Kebumen khususnya anak-anak Gaspala.

Hal ini tidak lain karena kesamaan hobi atau aktivitas yang ada di ekstrakurikuler Gaspala. Di mana mereka yang telah bergabung di Gaspala, diajarkan mengenai kebersamaan, solidaritas, esprit de corps baik dengan sesama angkatan maupun dengan lintas angkatan. Karena memang di dalam dunia outdoor, para pelakunya dituntut untuk saling menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut.

Pada kesempatan ini, ketua pelaksana Alif Rokhman Hidayat mengatakan bahwa dengan adanya acara silaturahmi Gaspala, pengurus Gaspala jadi lebih mengenal arti kekeluargaan dari kisah dan pengalaman yang diceritakan para alumni.

"Acara ini juga sebagai ajang untuk mempererat lagi hubungan antara alumni, pengurus, dan anggota muda Gaspala. Karena acara silaturahmi ini merupakan acara rutin tahunan, harapan saya kedepannya acara seperti ini dapat terus terlaksana setiap tahunnya, walaupun sempat tidak terlaksana dua tahun lalu karena adanya pandemi Covid-19," kata Alif.

Sementara menurut salah satu peserta dari anggota muda Gaspala atau kelas X yaitu Mijile Muhammad Pinten, bahwa dirinya mendapatkan banyak pelajaran dari apa yang disampaikan para alumni.

"Saya dan teman-teman sesama anggota muda bisa bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru yaitu alumni. Berbagi pengalaman, belajar banyak hal, juga mendapat saran yang baik, positif, dan menarik dari semua alumni untuk Gaspala ke depannya. Semoga pelaksanaan berikutnya bisa lebih ramai, dan untuk yang belum bisa datang semoga besok bisa datang," tandas siswa dengan panggilan akrab Pinten.

Menjelang berakhirnya acara, perwakilan dari alumni di antaranya Yuliadi Setiawan dan Islahudin menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa meskipun generasi Gaspala zaman dulu dengan sekarang berbeda baik dari sisi personalnya maupun aturan-aturan dan kegiatannya, hal itu jangan membuat kendor.

 "Kalo dulu kegiatannya lebih banyak berpetualang, alat-alatnya juga terbatas atau bisa dikatakan seadanya. Namun sekarang untuk kegiatan sudah bervariasi tidak melulu petualangan, ada di bidang lingkungan atau adiwiyata. Alat-alat juga lebih lengkap, termasuk pengetahuan tentang cara penggunaannya. Tetap utamakan keselamatan dan keamanan dalam berkegiatan," jelas Islahudin.

Sementara Yuliadi Setiawan dari angkatan 4 yang merupakan alumni tertua yang hadir di acara ini memberi pesan kepada adik-adiknya untuk berperan aktif di dalam menjalankan tugas kepengurusan dengan tidak melupakan nilai-nilai akademik di sekolah. 

"Manfaatkan kesempatan dengan bergabung di Gaspala, ambil nilai positifnya, cari bekal dan pengalaman sebanyak mungkin. Jangan nanti ketika sudah lulus baru menyesal mengapa dulu tidak aktif ketika masih mengurus Gaspala. Semoga dengan adanya acara seperti ini dapat bermanfaat khususnya bagi anggota Gaspala baik dalam hal pendidikan usai lulus SMA (kuliah), pekerjaan, ataupun bantuan lainnya," tandas Yuliadi.

gaspala

GASPALA SMANDA

Lihatlah jauh ke alam dan kamu akan mengerti segalanya.
About

Tagar:

Bagikan Postingan ini:

Komentar:

  1. Dilarang melakukan spam pada komentar blog, posingan, agenda.
  2. Dilarang memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia
    * sara, asusila, kata - kata kasar, flaming, prostitusi, perjudian, narkoba
  3. Dilarang melakukan promosi/iklan
  4. Dilarang menyebarkan informasi palsu/hoax
  5. Dengan mengklik tombol 'Load Comment' dan/atau memberikan komentar anda setuju dengan peraturan diatas.
Privacy Policy